Pages

Mengenal HTML dan Cara Menggunakan HTML

Suasana kamar yang super berisik, maklum nenek ane lagi renovasi rumah padahal udah jam 7 malem tapi tukang yang lagi ngerenovasi rumah belom pada pulang juga, mau ngelembur kali biar kerjaannya cepet selesai. Sambil denger suara berisik balok kayu berjatohan ane nyoba belajar pemrograman web. Udah 1 tahun lebih ga pernah belajar bahasa pemrograman, soalnya abis lulus kuliah diterima kerja jadi tukang monitoring jaringan terpaksa harus belajar banyak tentang jaringan. Karna sekarang udah mengundurkan diri dan pengen nyari kerja jadi programmer web terpaksa harus belajar dari awal lagi.

     Dari beberapa blog yang ane baca, kalo pengen jadi programmer web harus menguasai HTML dulu. Semasa mengarungi lembah perkuliahan yang ane tau tentang pengertian HTML (Hyper Text Markup Language) itu intinya bahasa utama buat bikin halaman-halaman web atau bisa disebut juga bahasa standar yang digunain secara luas buat menampilkan halaman-halaman web.

     Di sela-sela suara balok kayu digergaji ane nyoba belajar HTML, bikin program web sederhana pake HTML. Dari berbagai sumber yang ane baca file HTML biasanya berakhiran *.html atau *.htm, misalnya "belajar.html" atau "belajar.htm" dan bisa di tulis di notepad untuk Sistem Operasi Windows atau di gedit buat yang pake Sistem Operasi Ubuntu. Nih program sederhana yang ane tulis:

<html>
<head>
<title>Web Pertama</title>
</head>
<body>

<h1>Untuk Heading</h1>

<p>Ini paragraph pertama.</p>

</body>
</html>

Abis nulis tu syntax ane simpen pake nama belajar.html terus cara jalanin filenya atau bahasa kerennya di run di browser tinggal di klik kanan pilih open with terus pilih browsernya mau pake Internet Explorer, Mozilla, Opera Chromium atau Google Chrome. Hasilnya kayak gambar di bawah coy:

Web Pertama

     Ga terasa udah ga ada suara brisik balok kayu di gergaji lagi. Sekarang waktunya nyari makan malem, hahaha. Semoga tulisan ane bermanfaat buat para pembaca khusunya buat ane sendiri yang lagi memulai belajar bahasa pemrograman. Salam semangat buat para cewek-cewek Sexy di luar sana.

No comments:

Post a Comment