Pages

Mengenal PHP

     Sebelum belajar tentang script PHP ada bagusnya kita kenalan dulu sama si PHP. Apaan si PHP? Fungsinya buat apaan? Kemaren kan udah belajar HTML ngapain pake belajar PHP lagi? Oke cukup. Kita bahas semua pertanyaan di atas. Kalo yang ane baca dari om wikipedia PHP merupakan bahasa pemrograman yang ditanam atau disisipkan ke dalam HTML. PHP kependekan dari Personal Home Page dan pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf (seorang programmer dari Denmark/Greenland) pada tahun 1995. Pada tahun 1998 sebuah perusahaan bernama zend merilis PHP 3.0 dan mengganti singkatan PHP menjadi Hypertext Preprocessing. Hingga tulisan ini dibuat versi terakhir adalah PHP 5.

     PHP biasa dipakai untuk membuat website dinamis serta bisa digunakan untuk membangun sebuah CMS (Content Management System). CMS adalah adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menambahkan serta mengubah isi dari suatu situs Web. Contoh dari CMS yaitu: Drupal, Joomla, Wordpress dan lain-lain. Selain itu PHP merupakan server side scripting maksudnya script PHP akan dieksekusi/dijalankan oleh server dan hasilnya akan ditampilkan di browser sebagai HTML.

     Kenapa harus pake PHP? Yang pertama PHP bisa digunakan oleh sistem operasi apapun misalnya Microsoft Windows, Unix, Linux dan lain-lain. Selain itu PHP free/gratis bisa kita download di www.php.netPHP juga kompatibel dengan kebanyakan server dan database serta mudah untuk dipelajari.

     Untuk memulai belajar PHP kita harus menginstal aplikasi web server seperti IIS, Apache dan lain-lain untuk mengeksekusi file PHP, kemudian menginstall PHP dan aplikasi database seperti PostgreSQL, MySQL dan lain-lain untuk penyimpanan data. Kita bisa menginstall aplikasi-aplikasi tersebut secara satu persatu atau menginstallnya sekaligus dengan aplikasi XAMPP yang bisa kita download di www.apachefriends.org. Pada aplikasi tersebut sudah tersedia Apache, MySQL dan PHP tentunya.

     Sip udah kenalan sama si PHP selanjutnya kita ke tahap yang lebih jauh tentang si PHP di tulisan selanjutnya "Install XAMPP". Mudah-mudahan tulisan sederhana di atas bisa berguna. Salam semangat buat para cewek-cewek Sexy di luar sana.


Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/PHP

No comments:

Post a Comment