Pages

Struktur Penulisan PHP

     Dalam pembuatan file PHP sama dengan cara pembuatan file HTML, kita bisa menuliskan script PHP di text editor seperti notepad dan lain-lain. Untuk menulis script/baris kode PHP kita harus mengapit setiap baris kode tersebut dengan tag "<?php" sebagai awal dan tag ?> sebagai akhir dari script PHP. Jika kita mengetikan kode di luar tag tersebut tidak akan dianggap sebagai sebagai script PHP oleh PHP engine, melainkan akan dianggap sebagai kode HTML. Biasanya di dalam sebuah file PHP mengandung tag HTML dan baris kode PHP. Berikut contoh pembuatan file PHP:

<html>
<head>
   <title>Belajar PHP</title>
</head>
<body>
   <h1>Halaman Pertama PHP</h1>

   <?php
      echo "Lagi semangat belajar PHP";
   ?>

</body>
</html>

     Tulis syntax di atas menggunakan text editor kesukaan anda misalnya Notepad pada Windows atau Gedit pada Ubuntu. Kemudian simpan dengan nama yang anda sukai namun harus berakhiran ".php" dikarenakan default file PHP berakhiran "*.php", misalkan "belajar.php" tanpa tanda kutip. Penampakan setelah file tersebut dieksekusi/dijalankan oleh server seperti pada gambar di bawah.
Belajar PHP
     Keterangan:
  • Baris kode PHP harus selalu diakhiri dengan tanda titik-koma ";" sebagai akhir dari baris script PHP, seperti contoh di atas yaitu (echo "Lagi semangat belajar PHP";).
  • Echo pada contoh script di atas digunakan untuk menampilkan output berupa text di browser.
  • Cara menjalankan/mengeksekusi file PHP yaitu buka browser ketik URL localhost/nama_file_PHP_anda. Jika pada contoh gambar diatas URL yaitu localhost/belajar.php.
  • Setiap file PHP harus di simpan di dalam folder htdocs yang berada pada tempat kita menginstall webserver, misalkan pada contoh di tulisan sebelumnya tentang "Install XAMPP pada Windows" kita menginstall XAMPP pada direktori/drive C: lalu masuk ke folder XAMPP dan htdocs, seperti yang terlihat pada gambar di bawah.
Folder_XAMPP
     Untuk membuat komentar(baris kode yang tidak akan dieksekusi oleh server) pada file PHP bisa menggunkan 2 cara yaitu menggunakan tanda garis miring 2 buah "//" atau dengan menggunakan tanda "/*" sebagai awal komentar dan "*/" sebagai akhir komentar. Berikut contoh script untuk membuat komentar pada file PHP.

<html>
<head>
   <title>Komentar PHP</title>
</head>
<body>
   <h1>Halaman Pertama PHP</h1>

   <?php
      //Tulis Komentar di sini untuk satu baris komentar
      echo "Lagi semangat belajar PHP";
      /*
      Tulis Komentar di sini 
      untuk membuat beberapa baris komentar
      */
   ?>

</body>
</html>
Komentar PHP
     Apabila script di atas dijalankan/dieksekusi maka kalimat yang berada di sebelah kanan tanda "//" dan diantara tanda "/*" dan "*/" tidak akan dieksekusi oleh server, sehingga tidak ditampilkan di browser seperti pada gambar di atas. Salam semangat buat para cewek-cewek Sexy di luar sana.

No comments:

Post a Comment