Pages

Belajar CSS Untuk Pemula

  • Pengenalan CSS
     CSS (Cascading Style Sheet) merupakan suatu teknologi atau kumpulan kode untuk mengendalikan atau mengatur tampilan sebuah website agar lebih seragam. Selain itu CSS juga berfungsi untuk mempermudah dan memperindah dalam pembuatan design atau tampilan halaman web. Untuk mempelajari CSS paling tidak harus menguasai HTML terlebih dahulu.
     
     Jika kita memiliki website dengan halaman yang banyak dan apabila kita bosan dengan jenis huruf/font, warna text, warna tabel dan lain-lain yang ada pada website tersebut, maka dengan CSS kita tidak perlu merubah font untuk setiap halaman web, kita hanya perlu merubah script CSS saja dan keseluruhan halaman website tersebut akan memiliki font yang telah ditentukan di script CSS. Dengan kata lain satu CSS dapat digunakan oleh banyak halaman web.
  • Struktur Penulisan Syntax CSS
     Syntax CSS biasanya terdiri dari "selector", "property" dan "value". Selector merupakan element HTML yang akan kita perindah atau percantik. Property adalah atribut yang ingin kita ubah dan setiap property harus memiliki value/nilai. Syntax CSS selalu diakhiri dengan tanda titik koma ";" dan diapit menggunakan tanda kurung kurawal "{}". Selain itu kita bisa menuliskan beberapa Selector dan Property di dalam satu baris syntax CSS. Berikut contoh syntax CSS:

     p {color:blue ;} atau h1, h2 {color:blue; font-family:verdana;}

     *Keterangan:

          p ==> selector
          color ==> property
          blue ==> value

     Untuk penulisan script CSS agar lebih mudah dibaca dan lebih rapih kita bisa memisahkan antara selector dan property pada baris yang berbeda. Misalnya seperti ini:

     h1, h2
     {
     color:blue;
     font-family:verdana;
     }
  • Penulisan Komentar CSS
     Komentar bisanya digunakan untuk menjelaskan syntax yang telah kita buat dan bisa mempermudah kita apabila ingin mengedit syntax yang sudah sangat lama telah kita buat. Komentar tidak akan diproses atau di eksekusi oleh browser melainkan hanya untuk catatan kita. Untuk membuat komentar CSS selalu diawali dengan tanda garis miring dan bintang "/*", sebagai penutup diakhiri dengan tanda bintang dan garis miring "*/". Berikut contoh penulisan komentar CSS:

     /*Tulis komentar di sini*/

     h1, h2
     {
     color:blue;
     /*Komentar yang lainnya*/
     font-family:verdana;
     }

     Segitu aja lah untuk pengenalan CSS dan yang lainnya, di lain hari kita belajar yang lebih lagi tentang CSS. Semoga bisa berguna dan Salam semangat buat para cewek-cewek Sexy di luar sana.

No comments:

Post a Comment