Pages

Pengalaman Mengerjakan Soal IT (Software Engineer)

     Beberapa hari yang lalu ane tes IT sekalian interview sama pihak HRD salah satu perusahaan IT Consultan di Menara Karya Jakarta selatan, tepatnya di Jl. HR Rasuna Said Blok X5 Kav 1-2. Itu gedung tempat buat parkir motornya bikin pusing, ada 3 lantai ke bawah dan harus muter-muter buat sampe di B3. Itu juga cuma sedikit tempat buat parkiran motor, kebanyakan pada bawa mobil choy, udah pada kaya ternyata orang-orang yang kerja di Jakarta, hehehe.

     Ane interview di lantai 19, sempet bingung pas mau naik liftnya, gimana ga bingung dari B3 harus ke lantai 1 dulu titip KTP buat di tuker pinjem sama id card Visitor. Abis itu kita harus naik lift yang beda sama yang kita naikin dari B3. Selain itu ga boleh sembarangan masuk lift soalnya di dalem lift ga ada tombol untuk menuju ke lantai yang kita tuju. Jadi kita harus pencet dulu nomer lantai yang kita tuju tombolnya ada di luar di samping lift dan tu layar di atas tombol yang bakalan ngasih tau kita harus naik lift yang mana. Kalo ga salah pintu liftnya lebih dari 10 di satu ruangan dan udah dikelompokan lift-lift tertentu aja yang menuju ke lantai tertentu.

     Sampe di lantai 19 ada beberapa kantor di sana, semua pintu tertutup dan cuma bisa dibuka dari dalem atau pake id card yang udah didaftarin sama perusahaan-perusahaan tersebut. Selain itu ada beberapa pintu juga yang menggunakan finger print seperti perusahaan yang ane datengin buat interview. Nah perusahaan yang ane datengin tu ga ada penjaganya, ga tau dah lagi keluar atau emang belom dateng. Tapi untungnya di situ ada bel, jadi ane pencet aja tu belnya, selang beberapa detik muncul seorang wanita yang tingginya +/- 170 dengan paras wajah yang lumayan laaaah, hahaha.

     Setelah dibukain pintu sama si embaknya ane di suruh duduk ngisi daftar tamu dulu dan si embaknya pun masuk ke ruangan kantornya. Sambil ngisi daftar tamu ane berharap semoga si embaknya yang interview ane #sambil pasang muka ngarep. Lima menit abis ane ngisi buku daftar tamu ada 1 orang lagi masuk, dan ternyata dia juga mau tes IT dan interview di perusahaan tersebut. Dari pada bengong ane ajakin ngobrol aja tu orang yang mau tes bareng. Lumayan lama ngobrolnya +/- 30 menit lah, biasa ngaret dari jadwal yang di bilangin sama pihak HRD.

     Setelah ngobrol lama dan panjang lebar sama orang yang mau interview bareng, tiba-tiba keluar lah seorang cowo yang nyuru ane masuk ke ruangan yang ada di samping ruang tunggu. Ternyata dia HRD-nya, pupus dah harapan ane buat di interview sama si embak-embak tadi, hahaha. Ga lama kemudian tu cowo ngasih 1 lembar kertas soal dan 2 lembar kertas kosong buat ngisi jawabannya. Nih soal-soal yang di kasih sama pihak HRD-nya dan harus dikerjain dalam waktu 1 jam:
  1. Jelaskan mengenai MVC dan gambarkan bagan MVC?
  2. Jelaskan mengenai Inheritence, Polimorphism dan enkapsulasi?
  3. Buat Program Palindrome?
  4. Buat Flowchart Login?
  5. Buat program array tentang hari, Misal: $hari = array("Senin", "Selasa", ... dst) dan tampilkan semua hari dalam 1 Minggu?
  6. Buat program bilangan prima?
  7. Buat Looping nama anda 100X dengan for loop, do...while, dan while?
  8. Buat program segitiga seperti di bawah:
          *
          **
          ***
          **
          * 

     Dari 8 soal di atas ane bisa ngejawab 6 soal yang ane sendiri ga yakin bener apa ga tu jawaban ane, hehehe. Udalah segini aja pengalaman TES IT buat jadi Software Engineer. Semoga bisa membantu orang-orang yang lagi ngelamar buat jadi Software Engineer, kemungkinan beberapa soal di atas ada yang mirip-mirip dikit.

No comments:

Post a Comment