Pages

Mengenal Python

Semenjak bergabung di kantor baru saya harus berkenalan dengan yang namanya python. Awalnya agak pusing juga karena saya benar-benar buta dengan bahasa pemrograman yang satu ini. Namun tuntutan pekerjaan mengharuskan saya untuk memahami python. Alhasil cari-cari tutorial tentang python pun dimulai, sambil tanya-tanya juga sih sama para senior yang udah duluan main sama "Si Python".




Apa itu python?? jangan pada jawab ular ya.. emang sih benar ada ular yang namanya python, tapi python yang mau saya bahas adalah bahasa pemrograman. Python adalah bahasa pemrograman interpretatif yang multi platform,,
alias bisa dijalankan di Sistem Operasi apa aja. Sistem Operasi yang bisa menjalankan python diantaranya adalah Linux/Unix, Windows, Mac OS, Java Virtual Machine, OS/2, Amiga, Palm dan Symbian. Tadi di atas saya bilang bahasa pemrograman interpretatif, pada bingung ga' sih apa itu interpretatif? Baiklah akan saya jabarkan, sebelum memulai apakah ada yang ingat mengenai compiler? Interpretatif dan Compiler merupakan 2 tipe dari bahasa pemrograman. Jika Compiler mengubah kode menjadi bahasa yang sederhana yang bisa dipahami mesin, sedangkan Interpretatif menerjemahkan kode sumber menjadi P-Code, yaitu kode penjembatan antara kode sumber dan kode mesin, namun umumnya saat ini telah menambahkan JIT(just in time) intergratif yang mengkompilasi instruksi- instruksi P-Code yang paling sering di eksekusi menjadi kode mesin.

Python dikembangkan pada tahun 1990 yang merupakan lanjutan dari bahasa ABC, pengembangnya adalah Guido Van Rossum di CWI, Amsterdam dengan versi terakhir 1.2. Sambil terus mengembangkan python, Guido pindah ke CNRI pada tahun 1995 dan versi terakhir yang dikeluarkan adalah di tahun 2000 yaitu Versi 1.6. Kemudian python versi 2.0 dikeluarkan oleh BeOpen. Setelah Guido pindah ke DigitalCreation saat ini versi terakhir python sudah mencapai versi 2.6.1 dan versi 3.0. Hak cipta python dipegang oleh "Python Software Foundation" sebuah organisasi non profit yang di koordinir Guido,, dengan demikian mencegah python dimiliki oleh perusahaan komersil.

Sekian dulu ya kenalan sama "Si Python". Jika ada kesempatan lagi saya akan lanjutkan pembahasan mengenai python secara lebih dalam. Terima kasih telah membaca postingan ini. Salam semangat buat para cewek-cewek Sexy di luar sana.

No comments:

Post a Comment